In sharing

Kedatangan Bangsa Eropa di Berbagai Daerah


Kedatangan Bangsa Eropa di Berbagai Daerah
Bangsa-bangsa Eropa yang datang ke Indonesia antara lain bangsa Portugis, Spanyol, Belanda, & Inggris. Kedatangan mereka disebabkan 3 faktor , yaitu :
a. Mencari rempah-rempah
b. Keinginan untuk menyebarkan agama Kristen
c. Keinginan untuk bertualang
d. Pandangan bumi bulat dari Corpernicus
1. Kedatangan bangsa Portugis
Portugis adalah bagsa eropa yang pertama kali menginjakkan kakinya di Indonesia.
Setelah tiba di Malaka, timbul niat untuk menguasai & menjadikan Malaka sebagai pusat kolini dagang portugis. Beberapa pelaut portugis yang memelopori penjelajahan samudra, adalah :
a. Bartolomeuz Diaz
Bartolomeuz Diaz mengawali pelayarannya dari Lisabon, Ibu kota Portugal. Ia berlayar dengan mengambil rute menyusuri pantai Barat Afrika. Pada tahun 1486, Bartolomeuz Diaz sampai di ujung selatan Benua Afrika. Ia terpaksa berhenti karena ombak cukup besar & angin bertiup kencang. Tempat berlabuh Bartolomeuz Diaz disebut dengan Tanjung Harapan.
b. Vasco da Gama
Pada tahun 1497 raja Portugis, Manuel I memerintahkan Vasco da Gama untuk berlayar ke timur mencari daerah asal rempah-rempah. Ia memulai pelayaran dari Lisabon. Rombongannya berlayar menyusuri pantai barat Afrika. Setelah sampai di tanjung harapan, Ia meneruskan pelayarannya hingga Mosambique. Ia berjumpa para pelaut Islam yang disebutnya orang Moor. Ia melanjutkan ekspedisinya memasuki Samudra Hindia & Laut Arab. Tahun 1498 rombongannya sampai di Kalikut & Goa di pantai barat India. Ditempat itu, ia mendirikan kantor dagang yang dilengkapi benteng. Suatu hal yang menarik dari ekspedisinya itu adalah dibawanya sejumlah batu padrao. Batu padrao adalah batu bertulis dengan lukisan bola dunia sebagai lambang kerajaan Portugis. Setiap daerah yang ditemukan/disinggahi akan diberi tanda dengan memancangkan batu padrao tersebut & diakui sebagai miliknya. Orang-orang portugis mengetahui bahwa ada tempat lain yang menjadi pusat perdagangan rempah-rempah di Asia, yaitu di Malaka
c. Alfonso d’Albuquerque
Pada tahun 1511, Portugis dibawah pimpinan Alfonso d’Albuquerque berhasil merebut & menguasai Malaka. Selain itu, Portugis melakukan sistem monopoli perdagangan dibandar dagang tersebut. Pada tahun 1512, 3 kapal Portugis dari malaka tiba di pulau Banda & terus ke Ambon untuk mencari rempah-rempah di Maluku.
2. Kedatangan bangsa Spanyol
Portugis & Spanyol saling bersaing dalam upaya menemukan daerah penghasil rempah-rempah. Untuk memecahkan persaingan itu maka diadakan perjanjian Tordesilas pada tahun 1494. Dalam perjanjian itu ditegaskan oleh Paus bahwa dunia dibagi 2 bagian. Wilayah bagian timur dikuasakan kepada Portugis & wilayah bagian barat untuk Spanyol. Batas ke-2 wilayah itu dinamakan garis Tordesillas. Pada peta garis itu terlihat membentang dari kutub utara sampai ke kutub selatan melalui kepulauan Verdi di sebelah barat afrika. Beberapa pelaut Spanyol yang memelopori penjelajahan samudra, adalah :
a. Chistoper Columbus
Tahun 1492, benteng Granada sebagai beneteng pertahanan terakhir kekuasaan Islam di Spanyol dapat di kuasai tentara Spanyol. Kemudian ratu Isabella menghadiahkan kapal yang diberi nama Santa Maria kepada Christoper Columbus. Ia berusaha tanah Hindia yang diyakini sebagai tempat penghasil rempah-rempah. Pada tanggal 3 Agustus 1492, Colombus memulai pelayarannya. Ia mengawali pelayarannya dengan mengambil arah barat melalui Samudra Atlantik. Pada tanggal 12 Oktober 1492 Colombus berhasil mendarat di kepulauan Bahama, Amerika. Colombus mengira wilayah itu adalah Hindia. Oleh karena itu, penduduk yang ditemuinya di daerah itu ia sebut dengan Orang Hindian (Indian). Benua itulah yang kemudian dinamakan Amerika, diambil dari nama Amerigo. Oleh karena itu, Colombus disebut sebagai penemu dunia baru, yaitu Amerika.
b. Ferdinand Magelhaens
Ferdinand Magelhaens (adalah keturunan Portugis). Pada tanggal 10 Agustus 1519 rombongannya dengan 5 buah kapal berangkat dari Spanyol, berjumlah sekitar 265 orang. Wakil Magelhaens dalam ekspedisi ini adalah Kapten Juan Sebastian del Cano. Turut serta seorang penulis dari Italia bernama Pigafetta, penulis inilah yang mengisahkan perjalanan Magelhaens. Pada tahun 1521 sampailah rombongannya di kepulauan Massava (Philipina). Di kepulauan itu Ia mendirikan sebuah tugu peringatan untuk menyatakan bahwa kepulauan itu menjadi milik Spanyol. Tindakan pengusaan daerah & penyebaran agama Kristen itu telah menimbulkan perlawanan dari orang-orang Mactan, Magelhaens terbunuh dalam perlawanan itu.
3. Kedatangan bangsa Belanda
Pada abad ke-16 Belanda dikuasai Spanyol. Perjuangan orang-orang Belanda untuk mebebaskan diri dari Spanyol menyebabkan terjadinya perang antara Belanda & Spanyol. Perang itu disebut dengan nama Perang 80 tahun. Tahun 1580 terjadi penyatuan antara Spanyol & Portugis. Situasi itu dimanfaatkan oleh Spanyol untuk menutup pasar Lisabon bagi para pedagang Belanda. Dengan demikian, belanda merasa sangat dirugikan. Hal ini yang mendorong belanda untuk mencari jalan menuju daerah penghasil rempah-rempah. Beberapa pelaut Belanda yang memelopori penjelajahan samudra, adalah :
a. Barents
Tahun 1594 Barents berusaha mencari daerah Timur (Asia). Ia mencari jalur lain, yaitu melalui kutub utara. Akan tetapi, perjalanan Barents ini terhenti karena air laut membeku. Ia berhenti disebuah pulau yang dikenal dengan Pulau Novaya Zemlya. Kemudian ia memutuskan untuk kembali, tetapi Ia meninggal dalam perjalanan.
b. Cornelis de Houtman
Tahun 1595 Cornelis de Houtman denagn 4 buah kapal memimpin pelayaran untuk mencari daerah asal rempah-rempah. Cornelis de Houtman mengambil jalur seperti yang ditempuh orang Portugis. Tahun 1596 Cornelis de Houtman bersama rombongannya berhasil sampai di Indonesia & merndarat di Banten.
4. Kedatangan bangsa Inggris
Bangsa barat lainnya yang datang di Indonesia adalah Inggris. Pada abad ke-17 mereka sudah mempunyai organisasi dagang yang bernama East Indian Company (EIC). EIC berpusat di India. Pada tahun 1684, Inggris pernah menduduki Bengkulu. Beberapa pelaut Inggris yang memelopori penjelajahan samudra, adalah :
a. Sir Francis Drake
Rombongan Sir Francis Drake berlayar dari Inggris kearah barat. Ia berangkat pada tahun 1577. Dalam pelayarannya, ia singgah di Ternate & mendapatkan rempah-rempah. Drake melanjutkan pelayarannya untuk kembali ke negerinya & sampai di Inggris tahun 1580.
b. Pilgrim Fathers
Rombongan Pilgrim Fathers melakukan pelayaran dengan kapal May Flower. Rombongan itu berhasil mendarat di Amerika Utara tahun 1607.
c. William Dampier
William Dampier berhasil mendarat di Australia pada tahun 1608. Ia kemudian, melanjutkan pelayarannya dengan menelusuri pantai kearah Utara.
d. James Cook
James Cook pada tahun 1770 berhasil mendarat dipantai timur Australia. Pada tahun 1771 James Cook telah berhasil menjelajahi seluruh pantai di Australia. Oleh karena itu, James Cook sering disebut sebagai penemu benua Australia.

6 komentar:

  1. tolong dong tambah sama gambar...............!

    ReplyDelete
  2. peta nya jg d tmbahin eA

    ReplyDelete
  3. Sipp. . Bisa bantuin aq cari tugas deh ^_^

    ReplyDelete
  4. wew...
    kurang rute perjalanannya tuh..

    ReplyDelete
  5. Wadupp.. Kurang Peta rute perjalanan n Gambar Orangnya nih =o= Nyari dimana nih.. ada yang tau?

    ReplyDelete

post your comment here