In sharing

[UPDATE] jadi mahasiswa pajak? part 2

Hi readers!
kali ini gue mau ngelanjutin tentang post gue sebelumnya yang  jadi mahasiswa pajak? karena postingan sebelumnya gue cuma jelasin sampe semester 2, dan udah janji juga bakal lanjutin penjelasan-penjelasan semester berikutnya, jadi yaudah deh. yuk dibaca buat yang perlu info-info tentang kuliah di jurusan perpajakan.

SEMESTER 3
di semester 3 sks yang wajib ditempuh ada 22sks. 

Bisnis Pengantar (3 sks)

di matkul ini kita diajarin pengantar bisnis, ya namanya juga pengantar jadi masih bener-bener basic bisnis gitu. seinget gue sendiri sih ya pernah belajar etika bisnis di matkul ini juga.

Praktik Manajemen Keuangan (2 sks)

parah sih ini matkul tersusahhh, gue mesti belajar bener-bener supaya bisa dapet nilai agak mending dimatkul ini. matkul ini ngebahas kaya semacam rasio-rasio gitu, terus ada itungan akuntansi kaya present value, dan kawan-kawannya.

Sistem Informasi Akuntansi (2 sks)

matkul ini mempelajari akuntansi yang lebih ke sistemnya, kaya flowchart, terus kerangka sistem, terus akuntansi pada aplikasi komputer gitu.

Praktik Pajak Daerah, PBB, dan BPHTB (2 sks)

mempelajari seputar pajak daerah pada umumnya dan lebih difokuskan pajak daerah di kota solo itu sendiri. 

PPN dan PPnBM (2 sks)

kalian tau kan pasti yg namanya ppn? iya kalo kita makan di restoran atau belanja di supermarket pasti ada tulisaanya ppn kan? nah disini kita diajarin tentang teori ppn dan ppnbm (barang mewah) serta tarif, syarat, dan cara ngitungnya.

Akuntansi keuangan Menengah I (3 sks)

hampir sama sih sama semester kemarin, akuntansi pengantar. cuma disini bener-bener lebih di bahas sampe detail. seinget gue AKM I gue belajar bagian harta, bagian utang dan modalnya dibahas di AKM II. jadi kaya salah satu golongan harta ada piutang kan, nah piutang itu ada interest, nah disini kaya dibahas sampe cara ngitung interest nya ada tabel present value nya, terus diaplikasikan ke jurnalnya gimana. susah sih, kemarin pas belajar gue bisa, tapi sekarang lupa semua, gara-gara ga dipake tiap hari juga kan.

Praktik Akuntansi Perusahaan Jasa (2 sks)

ini kita diajarin akuntansi mulai dari pencatatan jurnal umum, ngisi buku besar, masukin ke neraca saldo, buat jurnal penyesuaian, sampe pembuatan laporan keuangan. nah tapi disini khusus untuk perusahaan jasa. gampang bgt sih ini menurut gue, lebih gampang jasa dari pada dagang.

Praktik Akuntansi Perusahaan Dagang (2 sks)

matkul ini sama persis yg dibahas kaya praktik akun jasa, tapi bedanya disini khusus dagang. soalnya akuntansi jasa sama dagang sendiri beda, dari nama-nama akunnya aja udah ada yang beda, nah terus di akun dagang ada wajib ngitung hpp juga, jadi juga beda.

Praktik PPh Orang Pribadi (2 sks)

berbeda dari semester lalu pph op teori nya susah buat dicerna menurut gue, tapi kalo praktik nya ga teralu susah ternyata. kita bener - bener setiap masuk kelas dikasih kasus gitu terus suruh ngitung pph 21 nya berapa. di praktik pph op ini lebih difokuskan buat ngitung pph pasal 21. tapi pasal 24 apa pasal 26 ya? itu juga diajarin kok cara terapin ke kasus nya seinget gue sih gitu.

Praktik Ekspor Impor (2 sks)

dimatakuliah ini dibahas tentang prosedur, syarat, cara melakukan ekspor dan impor barang. terus kita juga ngisi dokumen-dokumen seputar ekspor impor yang lumayan ribet juga. 


SEMESTER 4

kalo di semester 4 wajib menempuh 20 sks.

Akuntansi Biaya (2 sks)

akuntansi banyak jenisnya ya? iya emang. di matkul ini kita belajar tentang akuntansi biaya. gimana ya jelasinnya, agak ribet sih. pokoknya kalo perusahaan dagang kan ada hpp nya, nah akuntansi biaya itu buat ngitung hpp nya dari kalo baru mulai usaha awal, dan seterusnya. karena hpp itu berubah-berubah sesuai yg mempengaruhi hpp itu sendiri. kaya harga beli bahan baku, biaya produksi, biaya tenaga kerja, dan lainnya. 

Praktik Sistem Informasi Akuntansi ( 2 sks)

sama kaya semester sebelumnya cuma pas praktik SIA seinget gue kita lebih disuruh bikin flowchart gitu kayanya. 

Akuntansi Keuangan Menengah II (3 sks)

susah banget!!! AKM II bahasannya tentang utang dan modal, selain lebih banyak yg dibahas di AKM II, itungannya juga lebih rumit. intinya susah, gue ngikutin dosen aja di kelas kadang masih suka ga ngerti dan harus tetep belajar sendiri di kosan.

Auditing (3 sks)

pas teori auditing gue ga teralu ada masalah, karena pas matkul ini lebih dibahas cara-cara buat ngeaudit, kaya lebih ke kenapa terjadi pelanggaran terus cara mengatasi nya gimana.

Praktik Akuntansi Perpajakan (2 sks)

di matkul ini yang dibahas mengenai praktik perpajakan itu sendiri saat diterapin ke akuntansi. kalo dimata kuliah pajak yang lain kan dibahas cara ngitung pajaknya, terus syarat-syarat, kategori dan lainnya. nah kalo disini kita selain ngitung pajak itu langsung diterapin cara jurnal pajak nya, misal kalo dipotong ppn jurnalnya apa, kalo bayar pph 21 jurnal nya apa.

Praktik Akuntansi sektor Publik (2 sks)

kalo yang ini kita ngebahas akutansi pemerintahan. beda sama non sektor publik (dagang, jasa) yang dilihat labanya, kalo akuntansi pemerintahan sendiri ada surplus sama defisit, dan surplus belum tentu baik, begitupula defisit belum tentu buruk. dari cara ngerjurnal dan nama akun-akun nya pun beda. 

Praktik PPN dan PPnBM (2 sks)

sama kaya semester kemarin yg dapet ppn dan ppnbm, nah disini lebih dipraktikan penghitungan ppn dan ppnbm dengan ngerjain kasus-kasus yang ada. 

Praktik Pemungutan dan Pemotongan Pajak (2 sks)

gue agak lupa apa yg dipelajarin di matkul ini. seinget gue kaya misalnya kalo perusahaan bayar gaji karyawannya itu pasti dikenakan pph pasal 21, nah disini perusahaan sebagai pemungut dan pemotong pph pasal 21 si karyawan tersebut. jadi dulu kayanya banyak itungan pph pasal 21 nya juga.

Kewirausahaan (2 sks)

you know lah ya....kaya belajar berwirausaha gitu. waktu itu gue sama anak kelas disuruh buat business plan gitu, terus dipresentasiin.


SEMESTER 5

menurut gue di semester ini yang bener - bener paling susah sih. gue bener-bener struggling buat ngikutin matkul nya, terus mesti belajar sendiri juga. semua matakuliah nya praktik, dan kalo di FEB UNS sendiri, kalo praktik kita wajib ngerjain modulnya. dan itu banyak bgt sih. disemester ini ada 10 matkul dengan total 20 sks. tapi bener deh semester ini bener-bener paling hectic dan padet banget.

Praktik Analisa Laporan Keuangan (2 sks)

sebenernya gue suka sama matakuliah yang berhubungan dengan analisa laporan keuangan. jadi dimatkul ini dibahas gimana cara mengalisa laporan keuangan komersil. ada banyak rumus-rumus nya tapi tetep ga sesusah manajemen keuangan. kaya rumus rasio common size, terus analisa kemandirian, dll. 

Praktik PPh Badan (2 sks)

disini dijarin tentang seluk beluknya pph badan, mulai dari terori sampe praktik penghitungan nya, terus ada rekonsiliasi/koreksi fiskal nya. 

Praktik Akuntansi Keuangan Menengah (2 sks)

a looot easier than the theory one. YA! walaupun praktik akm susah tapi masih lebih gampang dibanding teori nya yang serumit itu. iya emang serumit itu. kalo dipraktiknya kita ada modul gitu nah ada kasus 1 apa 2 perusahaan nah kita buat tuh jurnal umum, jurnal penyesuaian sampe laporan keuangan. emang tetep sih yang berhubungan ada interest ny masih sesusah itu.

Praktik Auditing (2 sks)

HAHAHAHAHAH MATA KULIAH TERSUSAH DI SEMESTER! 
pokoknya praktik langsung ngeaudit laporan keuangan perusahaan, dan segampang teorinya dulu yang cuma mengapa dan kenapa yang bisa dipikir pake logika. disini kita harus ngitung juga, kalo salah, harus kita benerin jurnalnya.

Praktik Akuntansi Biaya (2 sks)

saama kaya teori akuntansi biaya di semester lalu cuma ini praktik langsung ke perusahaannya. mudah kok. 

Praktik Komputer (Aplikasi TI dalam bisnis) (2 sks)

matkul ini ruangnya lab komputer soalnya tiap matkul ini langsung praktek masukin data di aplikasi akuntansi, ujian nya juga gitu dikasih data transaksi terus kita suruh buat dari jurnal umum sampe laporan keuangan lewat aplikasi akuntansi di komputer.

Praktik Pemeriksaan Pajak (2 sks)

ini juga susah. soalnya kalo dalam matakuliah pajak emang gue akuin paling susah itu koreksi fiksal. jadi kita harus bener satu-satu liat mana yang boleh jadi beban mana yang engga, kalo ada yg ga boleh tapi malah dimasukin harus dikoreksi. semacam itulah. jadi kalo mau gampang dimatakuliah ini harus bener-bener bisa akuntansi dan pajak nya. 

Praktik Perencanaan Pajak (2 sks)

kalo ini susah susah gampang sih. di sini dipelajari cara meminimalisir pajak dengan cara yang sesuai ketentuan, jadi bukan diajarin penggelapan dsb. jadi lebih ke kalo emang bisa pajak nya lebih kecil bisa dikecilin dengan cara dihitung kaya aset, tanah, bangunannya yang bener-bener sesuai gitu. terus ada metode-metode nya juga.

Praktik Kewirausahaan (2 sks)

aneh justru malah dimatakuliah ini gue ga bener-bener praktik kewirausahaan. tapi malah lebih bahas jiwa kewirausahaannya kaya bimbingan konseling gitu sih menurut gue. tapi mungkin beda juga kalo dosennya beda.

Praktik Agama Islam (2 sks)

kalo ini mah yaudah, kaya belajar agama islam biasa, TPA lah...



SEMESTER 6

di semester ini cuma ada satu matakuliah dan itupun ga masuk kelas, jadi sering gabut sih namanya juga semester terakhir. oiya terus mulai di pertengahan semester ini, anak pajak uns dapet yang namanya kursus brevet. nanti gue jelasin dibawah.

Magang dan Tugas Akhir (6 sks)

Magang 
waktu itu gue magang 1 bulan lebih di kantor balikkota solo dibagian badan pendapatan dan pengelelolaan keuangan daerah. gabisa banyak cerita kalo soal ini hehe, cobaik sendiri aja ya:)

Tugas Akhir

INI DIA TEMAN GUE SEHARI - HARI SELAMA KURANG LEBIH UDAH 2 BULAN. 
semacam ngerjain skripsi sih kalo ini, jadi kalo di D3 itu syarat kelulusan itu lulus sidang tugas akhir. tugas akhir gue sendiri ngambil judul analisis laporan LRAPBD kota surakarta selama 7 tahun. iya 7 tahun HAHAHAHAA
doain ya gue ya readers supaya bulan ini bisa daftar sidang. 
AMINN

Kursus Brevet

jadi kursus ini itu buat mempelajari semua pajak dari 0. nanti diakhir ada ujian dan bakal dapet sertifikat brevet A & B (gue dapet dari kampus yg kursus brevet A & B). sebenernya sih ya kalo buat anak pajak pelajaran kursus di brevet itu kaya ngulang matkul yang dulu-dulu soalnya sama sih yang dipelajarinnya, walaupun tetep aja masih ada yang susah kaya pemeriksaan pajak.
nah sertifikat brevet sendiri digunakan sebagai penghargaan/capaian dari peserta kursus brevet, karena sertifakat brevet ini bisa jadi nilai tambah saat melamar pekerjaan istilahnya jadu punya basic pajak. setau gue juga kalo mau daftar di kantor konsultan pajak dan jadi konsultannya harus ada sertifikat brevet setau guee loh ya kalo ga salah. terus kalo mau buka kantor konsultan pajak juga harus udah punya sertifikat brevet C.


nah jadi itu semua daftar matakuliah dan penjelasan buat D3 Akuntansi Pajak di UNS.

semoga buat kalian yang mau daftar ataupun butuh info jadi lebih ngerti apaaja sih yang dipelajari seorang mahasiswa akuntasi pajak.


bye,

see you.

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------