In sharing

jadi mahasiswa pajak?

hai semua
hai juga yang suka baca blog diva 
postingan kali ini mau cerita tentang "perpajakan uns" nantinya postingan ini bakal update berkelanjutan berhubung sekarang gue baru selesai dua semester jadi, cuma dua semester aja yang baru gue bisa ceritain hehe

oiya selamat dulu buat kalian yang tahun ini keterima di perpajakan uns, once again congratulations!

first, let me introduce myself. 
i'm diva. you can call me div/va, whatever i dont mind but never call me with "p" its so annoying. i only tolerate my close friends call me with that.  
and i just finish my second term. 

now let me explain about taxation uns. 

awalnya gue kira pajak itu ga ada hapalannya, ternyata salah. 
50% itungan 30%hapalan 20% logika. 
ya kurang lebih kaya gitu isinya
sekarang kita bahasnya per semester aja ya? 


SEMESTER 1
di semester ini tuh masih belajar yang kaya basic-basicnya. sks yang harus ditempuh di semester ini ada 20 sks. matakuliahnya itu ada:

Akuntansi Pengantar (3sks)
gausah takut buat yang gabisa pelajaran akuntansi pas waktu sma nya, disemester satu ini akuntansi nya masih basic banget, bakalan diajarin sama dosennya dari awal lagi, kalo kalian beruntung dapet dosen yang baik dan murah hati akan nilai (re: bu arum) asal kalian ngerjain tugas sama masuknya rajin, ikut ukd nya nilainya bakalan bagus kok. nah tapi kalo kalian ga mencoba buat seengaknya ngerti mata kuliah ini di semester satu, hati-hati di semester duanya. iya hati-hati aja.

Bahasa Indonesia (2sks)
gausah muna deh, dari dulu kalian sd sampe sma, bahasa indonesia itu bisa dibilang gapenting kan? tapi tetep harus dipelajari soalnya masuk UN, iya gak sih? nah sama asli gue ngerasa gapenting abis matkul ini, tapi harus lulus di matkul ini, soalnya ini matkul umum. katanya kalo ga lulus gabisa Tugas Akhir/Skripsi. katanya. ya tapi malu juga kali kalo bahasa indonesia aja ga lulus? em. ga susah kok cuma buat dateng, duduk, tanda tangan absen, ngerjain tugas bahasa indonesia. jadi kalo mau ngeremehin jangan terlau overdosis ya?

Ekonomi Makro Pengantar (3sks)
i find this subject so hard. mana dapet dosen yang gajelas. iya gajelas. suka ga masuk. tau tau ujian. apalah nyebelin. yang bikin susah itu sebenernya karena gue ga ngerti cara ngajar dosennya terus emang materinya susah, terutama yang tentang kurva-kurva itu semua apaan tau. setiap ukd makro gue selalu mengarang bebas. tapi bebas berlogika. matkul ini tuh kaya pelajaran ekonomi pas sma cuma lebih susah karena logika nya harus bener-bener jalan terus mana dosen gue kan dosen ekonomi pembangunan jadi pemikiran nya agak gitu. iya sih keren sama jalan pikirannya tapi kadang jadi suka melebar kemana-mana (jauh dari materi) kalo lagi ngajar.

Ilmu Kealaman Dasar (2sks)
matakuliah ini tuh kaya belajar tentang ipa pas smp apa sd ya? pokoknya tuh ada tentang makhluk hidup gitu, terus tentang tata surya, tentang lingkungan sehat, easy kok tenang aja ga ada tuh yang namanya nama-nama latin, ataupun kaya harus tau senyawa-senyawa kaya pas sma. ini cuma secara garis besar nya aja jadi ga teralu detail belajar ipa nya.

Pajak Penghasilan Umum (2sks)
matakuliah pph ini adalah yang tersusah buat gue :(. iya susah banget isinya pasal semua, hapalan semua. misalnya kita ngerti nih cara ngitungnya tapi disoal disebutin itu tuh masuk pasal berapa, mampus aja, iya kasian emang. 
jadi mata kuliah ini itu bener-bener 50:50 antara itungan sama hapalan. sumpah tapi ini susah banget. dimatkul ini kita tuh diajarin cara ngitung pajak penghasilan orang pribadi, badan, wna, terus ketentuan-ketentuannya, dan lain-lainnya.

Pkn (2sks)
matakuliah ini kasusnya sama kaya bahasa indonesia. terlihat gapenting tapi hati hati aja. ya semoga kalian dapet dosen yang enak deh, sekedar curcol pas waktu kelas gue (pajak b) dapet dosennya rese abis, dan banyak temen-temen gue yang galulus matakuliah ini kalo gasalah ada 9 organ, dan itu cuma gara-gara ga bawa buku pas ulangan. iya ukdnya open book emang tapi di buku ga ada, gimana coba rasanya?
mata kuliah ini sebenernya gasusah kok, asal kalian suka baca ini itu pasti bisa, kebanyakan pake logika soalnya. 

Pengantar Perpajakan dan KUP (3sks)
kalo gue bilang dosen kup itu yang paling the best pasti anak-anak pajak b maupun a setuju. waktu itu dosennya namanya pak harto. baik. royal banget. royal materi (iya yang berapa besar kalo pas ulangan dikasih uang sama doi), royal nilai juga. lah ini jadi describe pak harto wkwkwk
balik lagi, matakuliah ini tuh ngajarin basic basic nya pajak, kaya pengertiannya, undang-undangnya apa, ketentuan pembayaran, cara bikin npwp, sanksi yang gapunya npwp, hitungan pajaknya. gitu kurang lebihnya.

Statistik Deskriptif (3sks)
harusnya matakuliah ini belajar tentang statistik hampir sama kaya matematika yang sma cuma lebih mengkerucut ke bagian kaya mean, median, modus, kaya gitu. 
tapi jujur aja gue gapernah belajar matakuliah ini, iya dosennya ga jelas. cuma masuk 6 kali dari 14 pertemuan. nilai gue A, soalnya ngerjain tugas yang dikasih. cuma 2kali doang dikasih tugasnya lagi. tapi yang terakhir tugasnya mayan susah. tapi gue sebel sama dosennya, suka gajelas, php, masa pernah gue ngomel ke dosen ini, terus dia minta maaf, tapi emang dia yang salah sih, terus gue jadi merasa bersalah, eh pas smt 2 ketemu lagi. wth...


SEMESTER 2
nah di semester dua ini, udah mulai nambah tingkat kesulitannya, apalagi akuntansi pengantar 2 nya. sks yang harus ditempuh disemester ini sama kaya semester 1, ada 20 sks. tapi pas semester dua ini matakuliahnya ga ada yang tentang pajak.

Pancasila (2sks)
matkul ini itu kaya ngebahas tentang pancasila. yaudah intinya gitu wkwkw. perlu logika sama wawasan yang luas buat matakuliah ini.

Bahasa Inggris (EAP) (2sks)
belajar bahasa inggris, harus lulus di mata kuliah ini soalnya kalo ga lulus nanti gabisa ikut TOEIC nah TOEIC nya itu sendiri buat nanti syarat ambil TA/skripsi. toeic itu semacam kaya toefl, cuma toeic konteks nya lebih ke dunia pekerjaan. waktu sma gue udah pernah ikut toeic dan hasilnya jelek wkwk soalnya dituntut cepet ngerjainnya terus harus bener gaboleh lama-lama ngerjainnya tapi lebih gampang dari toefl soalanya kalo toefl lebih terorits. 
balik lagi ke mata kuliah eap, gampang kok bahasa inggrisnya, kaya belajar bahasa inggris pas smp malah kata gue, soalnya ga terlau belajar tenses nya, lebih langsung ke percakapan dalam dunia kerja nantinya paling kalo ada tenses cuma yang sering digunain doang kaya simple/past tense. 

Ekonomi Mikro Pengantar (3sks)
hampir sama pelajarannya kaya pas makro smt 1, cuma di mikro ini lebih belajar tentang konsumen produsen, ekonomi rumah tangga gitu, ga teralu luas cakupannya kaya makro. di matakuliah ini banyak itungannya juga tapi ga susah kok, kaya pas ekonomi sma dulu, pendapatan, pengeluaram, kurva yang gitu-gitu. mana gue dapet dosennya asik lagi ngajarnya, jadi walaupun lumayan susah matakuliah ini, jadi ga susah-susah amat kok sebenernya kalo ngerti.

Praktik Komputer Pengolah Kata dan Data (2sks)
matakuliah ini asik banget. soalnya gapernah dikasih tugas. kalo kalian bisa ngetik, terus bisa pake ms. word/ ms. excel pasti lulus kok mata kuliah ini. nanti kalo excel kan ada rumus-rumus yang susahnya, nanti itu ada di buku semua rumusnya cuma tinggal ngikutin doang.

Matematika (3sks)
karena kelas gue dapet dosen matematikanya itu dosen statistik pas smt 1, jadi ga berasa belajar matematika sama sekali.
sempet pernah belajar, jadi dibahas kaya kurva pendapatan gt, terus log-log kan, terus ada turunan juga, gitulah pokoknya tapi ini lebih disangkutin ke bagian ekonominya. 

Akuntansi Pengantar 2 (3sks)
matakuliah ini itu kelanjutan dari akuntansi pengantar yang semester satu. belajar nya belajar akuntansi tapi lebih susah, terus gue dapet dosennya killer hehehe, jadi harus bener-bener belajar kalo mau lulus seengaknya ngerti basic-basic akuntansi. terus pas ukd 4 ukdnya itu secara lisan, ditanyain satu-satu sama dosennya mengenai perusahaan yang kita ambil buat nganalisisnya. susah iya susah, tapi jadi ngerti banget. 

Manajemen (3sks)
di matkul ini isinya hapalan semua. disini tuh kaya diajarin tentang pengertian manajemen, terus jenis-jenisnya, terus seluk beluknya. gitu intinya. btw matkul ini ga bagus sendiri gue nilainya dibanding yang lain wkwk.

Akuntansi Sektor Publik (2sks)
matakuliah ini emang namanya akuntansi tapi ga ada itung-itungannya. adasih tapi gateralu banyak. lebih banyakan teori soalnya asp ini belajar tentang akuntansi tapi lebih ke teori publiknya jadi lebih ke kaya akuntansi sektor daerah sektor pemerintah gitu. hampir mirip sama administrasi negara deh kayanya.


buat matakuliah nya lebih susah di semester 2 kalo kata gue sih ya. tapi anehnya di semester dua ini malah ip gue jauh lebih ningkat dari smt pertama. tapi emang udah biasa kok buat gue kalo pas baru masuk ke jenjang berikutnya pasti selalu down kaya pas pertama masuk sd, smp, sma, kuliah juga. 

pas kuliah pasti lo ngerasain dimana dikelas itu ada yang obsesi banget sama nilai ada yang nyantai aja. tapi beda kaya di bangku sekolah dulu, kalo di kuliah itu dosennya bodo amat, mau nilai kita bagus atau jelek, mau ga masuk ataupun masuk bodoamat, nah jadi dosennya kadang suka ngasih nilainya bodo amat juga, ga ditambah-tambahan kaya waktu sekolah dulu. jadi kalian boleh aja males suka main, wajar kan? gue juga kerjaannya main mulu kok he.he.he tapi seengaknya tau batasannya lah terus ga ada susahnya kan cuma buat ngerjain tugas, dari pada udah ga pernah masuk ga ngerjain tugas, nilai ukd jelek. udah mati aja lo. hehehe dari pada nyesel kan? mumpung belom terlambat.

udah duluya. buat semester-semester berikutnya, nanti gue bakal re-posting lagi. 


oiya yang mau nanya-nanya tentang perpajakan uns bisa buka twitternya hmps pajak di @Hmpspajakuns
kalo mau nanya sama gue bisa lewat sini

good luck, all of you!
cheers!

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
[UPDATE] jadi mahasiswa pajak? part 2
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------